Kamis, 11 Februari 2010

Makna Sebuah Kehidupan

Kau sudah besar, dapat membedakan mana yang pantas dan mana yang tidak pantas untuk kau lakukan. Cukuplah kami sebagai orang tua susah, payah badan ini mencari dari mana mendapatkan uang yang halal buat kau dan wiwid untuk biaya kuliahmu dibengkulu. Janganlah kau menambah beban pikiran yang membuat kami sebagai orang tuamu tidak bias tidur malam dengan tenang. Cukuplah kakak mu yang sudah mengecewakan kami, jangan kau dan adik- adikmu mengikuti jejaknya.
Iya sebaris kalimat itu yang diucapkan oleh ayahku saat terakhir aku pulang kerumah. 




Itulah sebagian dari nasihat yang disampaikan orang tua saya buat saya dan wiwid adik perempuan saya. Abah (panggilan untuk orang tua saya) tampaknya sangat menaruh harapan yang sangat besar  kepada  say a dan wiwid untuk bisa maju. Karena sudah terlalu banyak ejekan dan tertawaan buat orang tua saya yang mengatakan tidak mungkin seorang supir bisa menyekolahkan anaknya, tapi ayah saya menganggap ejekan dan tertawaan orang - orang itu sebagai cambuk buat dirinya agar bisa mematahkan dan mebuktikan kepada  orang  - orang yang telah mengejek dan mentertawakannya. Buktinya sekarang sudah mulai kelihatan dilingkungan tempat tinggal orang tua saya. Banyak keluarga muda yang simpati kepada orang tua saya, karena hanya seorang supir taksi tapi bisa menguliahkan kedua anaknya. Mendengar sebait kalimat yang disampaikan tetanggaku itu mebuat hati ini rasanya bangga, mempunyai orang tua yang mau bekerja keras demi anak – anak. Mungkin aku tidak perlu lagi mencari pigur seorang laki- laki yang  menjadi panutan dalam hidupku seperti tokoh politik atau artis. Tapi pigur laki – laki yang menjadi panutanku adalah abahku.




Abah, bangga rasanya terlahir dari sosok seperti dirimu, yang hidupnya sederhana, memiliki jiwa social yang tinggi, dan lebih mementingkan kepentingan keluarga diatas kepentingan pribadimu sendiri.

1 komentar:

  1. Nah.., tuh.., ingat pesen ortu, sekolah yang bener katanya, sukses bro!

    BalasHapus

kunjungi juga my account

http://dawoak@yahoo.co.id http://twitter.com/rerezee http://hi5.com/rerezee http://facebook.com/dorisuhendra